Monday, July 26, 2021
Home Bisnis 5 Tips Menjadi Pemimpin Ideal yang Bawahan - Cermati.com

5 Tips Menjadi Pemimpin Ideal yang Bawahan – Cermati.com

Banyak orang ingin menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan, mungkin Anda salah satunya. Namun yang perlu diingat, perjalanan karier dari bawah untuk sampai di pucuk dalam organisasi perusahaan mudah. Butuh kerja keras dan Kriteria-kriteria tertentu.

Nah, jangan katakan bahwa Kriteria-kriteria tersebut merupakan bawaan dari lahir alias bakat. hasil dari proses panjang dan konsistensi seseorang. Siapapun bisa menjadi pemimpin, tak peduli yang berasal dari mana atau keturunan siapa. Jika layak didapuk sebagai pemimpin, maka jabatan itu bisa diraihnya.

Berikut 5 rekomendasi untuk menjadi seorang pemimpin sempurna di perusahaan, antara lain:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya! Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!

1. Jadilah Role Model yang Baik

Namanya seorang pemimpin, ibarat kata Anda adalah ‘cermin’ bagi bawahan Anda. Segala tindak tanduk Anda akan menentukan bagaimana mereka melihat-lihat. Oleh sebab itu, sebagai pemimpin, Anda harus memberikan contoh yang baik kepada bawahan. Katakan saja, Anda ingin memiliki tim yang disiplin terhadap waktu, baik saat datang ke kantor hadir di pertemuan atau pertemuan, dan lainnya. Pun begitu dengan urusan yang lainnya, semisal cara berpakaian dan berbicara.Poinnya adalah, mulai segala sesuatunya dari diri Anda sendiri. Pimpin diri Anda sebelum memimpin orang lain. Jika sudah bisa konsisten dengan ini, maka selamat, Anda sudah memenuhi salah satu kriteria pemimpin sempurna.

2. Jadikan Diri Anda Pemimpin, Bukan Bos

Cara membedakan antara pemimpin adalah dengan melihat bagaimana tim dengan Anda. Seorang pemimpin, ketika ia memberikan perintah, maka tidak hanya memberikan perintah. Lebih dari itu, ia memiliki kerendahan hati, terbuka untuk berkreasi, menerima kritik dan saran untuk kepentingan bersama maupun perusahaan.

Sikap pemimpin seperti ini biasanya sangat disukai oleh bawahan. Mereka pun akan merasa senang dan bangga karena ikut dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Dengan begitu, akan muncul rasa hormat dari mereka terhadap Anda.

Lain cerita dengan bos. Kata ‘bos’ acap kali disematkan kepada atasan yang terkesan asal kasih perintah. Si bos ini seolah acuh dan tidak terbuka mengenai mekanisme tugas yang diberikan, yang penting karyawan harus menyelesaikan pekerjaan, bagaimanapun caranya. Padahal, sang bawahan juga butuh bimbingan manakala ada kesulitan saat mengeksekusi tugas tersebut. Inilah mengapa kita sering mendengar istilah “bossy” yang konotasinya negatif.

3. Pandai Mengelola Emosi

Emosi yang rendah, maka energi yang dikeluarkan pun ikut rendah. Sebaliknya, jika emosi Anda meninggi, maka energi yang ikut juga tinggi. Nah, Anda para pengamat pandai-pandai dalam mengontrol emosi dalam diri Anda. Jangan sampai emosi Anda berada pada titik terendah, namun jangan juga menjadi emosional karena hal ini bisa menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri.

Baca Juga: Keberanian yang Wajib Dimiliki Pemimpin Bisnis

4. Asah Keterampilan Memimpin Anda Secara Konsisten

Sebagaimana disebutkan di awal, menjadi seorang pemimpin yang terbaik membutuhkan proses. Setiap individu punya potensi untuk menjadi seorang pemimpin. Tinggal sekarang bagaimana individu tersebut, termasuk Anda, untuk terus mengembangkan potensi tersebut.

Menjadi pemimpin yang fleksibel, artinya Anda bisa menyesuaikan diri dengan gaya kepemimpinan sedang dalam situasi dan kondisi yang di lapangan. Ini merupakan cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan Anda dalam urusan memimpin. Karena dengan begitu, Anda jadi tahu bagaimana harus melihat berbagai situasi.

5. Berani Mengakui kesalahan

Sebagai manusia, kita tidak pernah luput dari kesalahan yang namanya namanya kesalahan. Hal ini berlaku juga bagi seorang pemimpin. Namun tak sedikit orang yang enggan untuk mengakui kesalahannya atas nama gengsi belaka. pencapaian hal ini jika Anda ingin website influenzive media influencer indonesia dicap sebagai seorang pemimpin sejati. Alih-alih Anda terlihat lemah dan tidak berintegritas, mengakui kesalahan justru akan membuat Anda tersinggung oleh orang lain.

Anda Pasti Bisa Jadi Pemimpin Hebat

Jika semua kriteria pemimpin terbaik dalam diri Anda, bersiaplah untuk menjadi pemimpin hebat. Atasan yang bukan hanya mampu mendorong mendorong pencapaian target-target perusahaan, tapi juga disukai rekan kerja dan bawahannya. Gaya kepemimpinan Anda yang baik bisa dijadikan contoh oleh atasan lain di perusahaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Chord Gitar Dan Lirik Lagu Sorry

Berikut lirik lagu dan chord gitar Sorry oleh Pamungkas, dimulai dari kunci dasar Am. Bila masih tidak https://www.ladiestory.id/bernuansa-sendu-ini-chord-dan-lirik-lagu-sorry-pamungkas-56505 dapat menemukan lirik yang Anda cari,...

Layanan Jasa Cuci Sofa Di Jogja

Maka ketika terkena air, karpet akan menjadi semakin berbobot dan sulit untuk ditangani. Apalagi jika Anda tidak memiliki ruangan cukup besar untuk mencuci dan...

Cara Membuat Invoice Pembayaran

Sebagai gantinya, Anda akan mencari beberapa templat faktur Google Documents yang kosong. Writer hanyalah satu dari lebih 45 aplikasi di dalam ekosistem...

Ini Four Cara Download Video Dari Youtube Tanpa Aplikasi

Salin hyperlink halaman Facebook yang memiliki video di dalamnya. Tempel di kolom yang sudah disediakan lalu klik Download. Aplikasi download untuk Youtube...

Recent Comments